Blog  

67 Mahasiswa Harbun Sukses Gelar Kegiatan PKL di Kelurahan Kumbe Kobi

Mahasiswa Akbid Harapan Bunda Kota Bima yang baru menyelesaikan program PKL di Kelurahan Kumbe Kota Bima.




Kota Bima, Garda Asakota.-

Akademi Kebidanan (Akbid) Harapan Bunda Bima belum lama ini telah melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kelurahan Kumbe Kecamatan Rasanae Timur selama 12 hari dari 16-27 Januari 2023. Sebanyak 67 Mahasiswa semester lima diturunkan dalam kegiatan PKL ini. 

Humas Akbid Harapan Bunda, Sri Astuti, S.ST.M.KM, menyampaikan bahwa dalam pelaksanaannya kegiatan PKL tersebut yaitu melakukan pendataan pada ibu hamil, bayi, balita, remaja dan lansia yang kemudian mahasiswa melakukan pemaparan data yang ditemukan beserta masalah yang akan dipecahkan melalui Musyawarah Masyarakat Kelurahan.

Terkait pemaparan ini dihadiri oleh Camat Rasanae Timur, Lurah Kumbe, Dinas Kesehatan Kota Bima, Pimpinan Puskesmas Kumbe beserta jajarannya serta Ketua RT, RW , tokoh masyarakat dan tokoh agama.

“Adapun Kegiatan kegiatan yang dilakukan pada kegiatan PKL adalah pemeriksaan kadar Hb pada remaja untuk mendeteksi anemia serta dilakukan penyuluhan tentang anemia pada remaja yang dilakukan,” ungkap Rostinah, SKM.

Kemudian pemberian makanan pendamping ASI serta penyuluhan yang dilakukan secara kolaborasi oleh dosen Akademi Kebidanan Harapan Bunda Bima dan bidan Puskesmas Kumbe. 

Kegiatan berikutnya adalah kelas ibu hamil yang dilakukan di Puskesmas Kumbe disertai pembagian garam beryodium, tablet fe dan makanan tambahan untuk peningkatan status gizi ibu hamil. 

Akademi kebidanan Harapan Bunda Bima berharap agar kegiatan tersebut bisa meningkatkan pengetahuan serta peran serta masyarakat dalam meningkatkan Kesehatan terutama Kesehatan ibu dan anak serta remaja. (GA. 003*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *