Gebyar Inovasi Kreasi Mahasiswa Siap Gemparkan Dunia Pendidikan Bima

 

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-





Mata kuliah literasi yang ada di STKIP Taman Siswa Bima benar-benar memberikan warna positif dan capaian yang sangat luar biasa. Kini, STKIP Taman Siswa Bima akan kembali menggemparkan dunia pendidikan di Bima, menyusul digelarnya kegiatan akbar tahunan bertajuk “Gebyar Inovasi Kreasi Mahasiswa”. 




Gebyar pameran hasil karya mahasiswa ini akan disaksikan langsung oleh Pj Walikota Bima, Bupati Bima dan Rektor serta ketua kampus di Bima raya. 



Gebyar yang akan berlangsung di Auditorium Sudirman, pada Kamis (18/01/2024) ini sebagai wujud inovasi hasil karya mahasiswa dalam mengakhiri masa perkuliahan semester ganjil.




Pada momen ini, ratusan Mahasiswa Prodi PGSD STKIP Taman Siswa Bima bakal menyuguhkan kegiatan berupa pameran Media Literasi yang dikemas dalam gebyar hasil inovasi dan kreasi dari mahasiswa itu sendiri. 




Tidak hanya itu, pada momen ini juga akan diadakan lomba-lomba yang tentunya tidak boleh untuk dilewatkan. Serta bazaar dari koperasi Beradab yang dikoordinir oleh dosen mata kuliah kewirausahaan, Andi Edi.



Sejumlah kreativitas dan inovasi mahasiswa ini rencananya akan dipamerkan dihadapan Pj Walikota Bima, Bupati Bima, rektor dan ketua kampus, kepala dinas pendidikan, Korwas, UPTD Pendidikan, kepala sekolah dan sejumlah jajaran pendidikan yang ada di Kabupaten dan Kota Bima yang sengaja diundang untuk menyaksikan mahakarya mahasiswa setempat. 



Pameran ini tak akan kalah semaraknya dengan kegiatan serupa pada tahun tahun sebelumnya yang wajib untuk diikuti. Karena ada yang spesial pada tahun ini, dimana masing-masing mahasiswa akan menyuguhkan aneka ragam media literasi hasil kreativitas mereka di masing-masing kelas. 




Mereka akan memamerkan hasil karyanya pada tiap tiap stand. Kreativitas ini menjadi bukti bahwa mahasiswa STKIP Taman Siswa mampu bersaing dan punya SDM yang unggul. Apalagi STKIP Tamsis punya Prodi PGSD yang sudah terakreditasi B (menuju akreditasi A) dan kian menjadi idola. 




Genyar inovasi kreasi mahasiswa ini rencananya akan dibuka secara langsung oleh Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, MSi. Dalam press releasenya, doktor jebolan UI ini mengapresiasi kreatifitas mahasiswa yang mampu berkolaborasi dalam percepatan literasi di Bima. 




Menurutnya, boleh saja Kabupaten Bima memiliki IPM terendah di NTB. Namun dengan melihat kreatifitas dan inovasi mahasiswanya yang dipamerkan pada acara ini, ia percaya masa depan pendidikan di Bima dan NTB akan sangat menjanjikan. 



Meski begitu, Doktor kritis ini tidak jumawa melihat mahasiswanya yang semakin berkembang ke arah yang positif dan menunjukkan kreativitas dalam memajukan pendidikan di Bima. 




Justru Doktor Ibnu terus melakukan langkah-langkah cerdas dan konkrit dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa STKIP Taman Siswa Bima. Salah satunya adalah dengan pengembangan kreatifitas belajar mahasiswa seperti yang dilakukan saat ini.



Diakui, bahwa ini adalah momentum strategis dalam pembaharuan pendidikan dan literasi di Bima khususnya bagi STKIP Taman Siswa Bima. 




Untuk itu, Doktor Ibnu juga tidak lupa memberikan apresiasi yang tinggi kepada dosen pengampu mata kuliah antara lain, ibu Sri Lastuti, Anisah, Nayla Fauziah, Sulfahri, Putri Febriyanti, Bayu Putra, Nurfaigah, Fuadin dan tentunya Nunung, MPd yang telah sukses membuat mahasiswa bergairah dalam menyusun media literasi. Tak lupa, orang nomor satu di jajaran STKIP Tamsis ini memberikan kredit poin khusus buat mahasiswa PGSD.



“Karya mereka bisa dibagikan ke sekolah-sekolah nantinya. Mereka menyiapkan kegiatan ini dengan sukarela dan tanpa paksaan. 



Mereka menjadi contoh teladan bagi semua. Terlebih buat adik-adik tingkatnya karena generasi yang hebat adalah generasi yang sadar literasi,” tutur Dr. Ibnu.



Selain Gebyar Inovasi dan Kreasi, mahasiswa juga akan menyuguhkan pagelaran seni budaya dengan menampilkan pertunjukan drama dan tarian daerah dan kesenian. Serta yang tidak kalah penting adalah peresmian gedung Beradab yang baru saja selesai dibagun. 



Gedung ini akan digunakan untuk pertemuan tamu-tamu penting dan kegiatan eksklusif. Bangunan yang indah dan fasilitas yang representatif tentunya akan membuat kampus ini semakin elegan. 




Rencananya gedung tersebut juga akan diresmikan oleh Ketua STKIP Taman Siswa Bima bersama Pj Wali Kota Bima, Bupati Bima, Rektor dan Ketua kampus yang ada di Bima serta seluruh instrumen pendidikan (Dinas, UPTD dan sekolah). (GA. 212*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *