Blog  

Bersama Kalak BPBD, Wakil Bupati Tinjau Jembatan Putus di Langgudu

 





Kabupaten Bima, Garda Asakota.-




Banjir yang menerjang beberapa wilayah di Kabupaten Bima pada Senin sore (4/12/2023), mengakibatkan satu jembatan penghubung antara Desa Waduruka dan Desa Pusu, Kecamatan Langgudu terputus.


Keesokan harinya, Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan, M.Noer, langsung meninjau Lokasi Jembatan putus di lokasi, Selasa (5/12/2023). Dalam kunjungan itu ia didampingi oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima, Drs Isyrah, Camat langgudu, Abubakar, S.Sos, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Nurul Huda, Kabid Binamarga Dinas PUPR, M. Farid Wajdi. 



Kalak BPBD kabupaten Bima Drs.Isyrah mengungkapkan, sesuai laporan Pusdalops BPBD, banjir yang terjadi di Desa Waduruka, menyebabkan putusnya satu jembatan penghubung antara Desa Waduruka dan Desa Pusu, tepatnya di dusun Tamandaka, sehingga arus lalu lintas menuju desa Pusu terputus, sementara rumah tergenang nihil.



Selain itu, banjir yang terjadi juga mengakibatkan kerusakan infrastruktur yaitu jalan putus sepanjang 10 m, lebar 5 m dan tinggi 2 m. Disamping  menimbulkan kerusakan tebing sungai sepanjang 65 m, lebar 6 m, dan tinggi 2. 



Lahan pertanian area persawahan yang terdampak seluas 5 Ha, saluran irigasi terputus sepanjang 15 meter mengakibatkan lebih dari 1.000 jiwa yang berdomisili pada dua desa  terisolir.


Pada kunjungan tersebut, Wakil Bupati dalam arahannya menginstruksikan kepada BPBD dan Dinas PUPR untuk segera melakukan penanganan tanggap darurat dengan menimbun jalan yang putus dan memperkuat tebing sepanjang sungai dan mengalirkan kembali air irigasi. (GA. 212*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *