Blog  

Polindes Tak Layak Ditempati di Kota Bima Banyak, Kadikes Ungkap Penyebabnya

 

Kondisi bangunan fisik salah satu Polindes di Kota Bima yang terkesan terbengkalai.

Kota Bima Garda Asakota.- 





Polindes yang tak layak ditempati di Kota Bima ternyata banyak. Tak hanya di Kelurahan Rabadompu Barat Kecamatan Raba. Namun juga terdapat di Kelurahan lain 


Data yang dihimpun, Polindes yang tak layak ditempati karena kondisi bangunannya rusak dan kumuh seperti di Kelurahan Lela Mase, Dodu, Oi Fo’o, Ntobo, Matakando, Rabangodu Selatan, Busu dan Lampe. Bahkan saat ini tak lagi berfungsi untuk pelayanan.



Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima Ahmad S. Sos, dikonfirmasi Garda Asakota Rabu (28/02/2024), membenarkan sejumlah Polindes di Kota Bima tidak berfungsi untuk pelayanan. “Iya benar,” kata Ahmad.


Ahmad membeberkan penyebabnya, salah satunya lantaran belum ada anggaran. Menurut dia, pembangunan polindes harus menggunakan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU).


“Kalau untuk pembangunan Polindes, itu dari Dana DAU. Sementara anggaran dari Daerah belum mampu atau belum cukup untuk rehab dan renovasi,” jelas Ahmad..


Ahmad mengaku Dikes sudah mengajukan beberapa kali ke Pemerintah Pusat untuk pembangunan Polindes yang rusak itu. Namun, hingga kini diakuinya belum ada gambaran.



“Kalau anggaran untuk pembangunan dan renovasi Pustu Polindes di tahun 2025 itu sudah di ajukan. Namun semua itu kami akan membahas secara internal dulu dilingkup Dikes,” ujarnya 


Dia meminta seluruh petugas Polindes Kelurahan agar tetap bersabar dan memanfaatkan sarana yang ada.


“Insya Allah, tahun 2025 mendatang akan diupayakan Dana DAK untuk renovasi Pustu Polindes yang ada,” harap Ahmad. (GA. 355*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *