Blog  

STKIP Taman Siswa Bima “Dikepung” Peserta, Gebyar Inovasi Kreasi Mahasiswa “Meledak”

 

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-




Dentuman senar drum band, teriakan penonton, dan antusias peserta-undangan membuat riuh suasana di kampus STKIP Taman Siswa Bima (Tamsis). 



Ratusan peserta dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah, dan pendidikan tinggi memadati halaman kampus dengan moto beradab itu. Gebyar Inovasi Kreasi Mahasiswa 2024, begitu “meledak”.



Lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya, panen produk kuliah mahasiswa kali ini menyajikan sejumlah event pembelajaran menarik. Diantaranya, lomba mewarnai dan juga lomba mendongeng, serta dirangkaikan dengan peresmian Ruang Meeting (ekslusif) Beradab. 




Antusisme Peserta Gebyar Inovasi Kreasi Mahasiswa 2024 saat foto bareng petinggi kampus STKIP Tamsis, DR Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si.




Peserta kegiatan tampak antusias mengikuti pagelaran seni tersebut dengan membawa properti masing-masing. Di tempat yang berbeda, sebanyak 270 Peserta lomba mewarnai di gelar di gedung yang baru diresmikan, sedangkan lomba mendongeng dilaksanakan di panggung utama dengan 63 peserta. 



Usai seremonial pembukaan, tamu undangan diajak Ketua STKIP Taman Siswa Bima untuk mengikuti pertunjukkan kesenian karya mahasiswa di Auditorium Sudirman. 



Setelah seremoni pembukaan yang meriah, para tamu undangan diajak untuk menikmati pertunjukkan seni mahasiswa di Auditorium Sudirman. 



Kesenian berkualitas tinggi yang mendapat apresiasi yang meriah, turut menemani para undangan mengunjungi stand media pembelajaran produk matakuliah literasi dan numerasi.




ketua STKIP Taman Siswa Bima (Tamsis), Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., pada sambutannya memaparkan sejumlah capaian kampus yang dipimpinnya.  



“Alhamdulillah, tahun 2022, kami mendapat ribuan beasiswa UKT dan ratusan kesempatan beasiswa KIP dari Kemendikbudristek. Imbasnya bisa dirasakan sampai saat ini,” bukanya. 



Sebagai pusat pendidikan, STKIP Tamsis terus mendorong partisipasi civitas akademika dalam program Kemdikbudristek. Puncaknya, di tahun 2023 Tamsis mendapatkan penghargaan dari LLDikti Wilayah 8 sebagai kedua terbanyak peserta KM 6 (103). 



Kemudian di KM 7, terdata 162 mahasiswa yang lolos. Dan, menjadi yang terbanyak di NTB.  “Hingga saat ini, alumni sudah tersebar 7000an. Tercatat 300 lebih alumni yang lolos ASN PPPK, dan ratusan alumni lulus PPG prajabatan.” Imbuh jebolan S3 UI tersebut. 



Ditambahkannya, bahwa tahun 2022 pihaknya mendapatkan penghargaan sebagai kampus rujukan pembelajaran literasi. Hal tersebut merupakan buah dari kemitraan strategis pihak Tamsis dengan Inovasi dan Pemkab Bima.



 “Karenanya, kami mendapatkan mendapatkan untuk studi banding ke sejumlah kampus di Australia di akhir 2022,” ungkapnya. 



Menutup sambutan, Dr. Ibnu sapaannya, melirik ruang meeting beradab. Harapannya, ruang tersebut akan menjadi ruang dan aset bersama untuk kegiatan kegiatan ekslusif. Serta menjadi pusat pembelajaran (learning center) yang standar internasional.


“Terima kasih kepada panitia peresmian ruang beradab dari unsur pimpinan OTK terkait, para dosen pengampu mata kuliah projek dan pihak-pihak yang membantu lancarnya kegiatan,” ungkapnya mengapresiasi para pihak yang telah terlibat.



“Tidak perlu ke ibu kota untuk menyicipi ruang ruang yang ekslusif. Itu sebenarnya pesan yang ingin kami sampaikan melalui berdirinya gedung ini. Presiden boleh baru, tapi kuliah di Tamsis aja,” timpalnya. 



Sebagai informasi, kegiatan luar biasa tersebut digelar sejak pukul 08.30- 17.00 WITA. Sejumlah tamu penting juga hadir.


Di antaranya Sekjen PGRI RI, Ketua Koni NTB,  Kepala Dikbudpora Kota Bima, Kepala Dikbudpora Kabupaten Bima, Pimpinan Kantor Cabang Dinas, Ketua penggerak PKK,  Kepala Sekolah lingkup Kabupaten dan Kota Bima, dan beberapa Calon Legislatif lainnya. 



Selain dihadiri oleh pihak pemerintahan, Tamsis juga turut mengundang beberapa kampus-kampus tetangga seperti, STIE Bima, Universitas Mbojo Bima, STKIP Harapan Bima, dan STKIP Yapis Dompu.



STKIP Taman Siswa Bima, Menyinari Masa Depan Pendidikan dengan Gebyar Inovasi Kreasi Mahasiswa 2024. Prestasi yang Berkilau, Ruang Meeting Beradab yang Mewah, dan Capaian Internasional yang Mengesankan.



Dalam gemerlap Gebyar Inovasi Kreasi Mahasiswa 2024, STKIP Taman Siswa Bima telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pendidikan yang berkualitas dan berinovasi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *