Bupati Bima Hadiri Peringatan Nasional HUT OTDA di Kota Makassar

 

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, diantara para Kepala Daerah se Indonesia.

Makassar Garda Asakota.-


Upacara peringatan Hari Ulang Tahun  Otonomi Daerah (HUT OTDA) XXVII yang berlangsung Sabtu (29/4) di Anjungan City of Makassar Pantai Losari diikuti para Gubernur, Bupati, Walikota, para pejabat teras Kementerian Dalam Negeri dan Forkopimda Provinsi Sulawesi Selatan dan Kota Makassar dipimpin oleh Inspektur Upacara Mendagri Prof. H. Muhammad Tito Karnavian Ph.D.

Setelah upacara, Mendagri dan para kepala daerah menyaksikan  tarian Pakarena oleh para penari diatas perahu diperairan Pantai Losari yang memasang 514 bendera Kabupaten dan kota Se-Indonesia berlatar Masjid 99 Kubah.

Mendagri saat memimpin Hari Otda tingkat Nasional di Kota Makassar, Sabtu (29/4/2023).

Mendagri dalam amanatnya dihadapan  Para Gubernur,  Bupati dan Walikota Seluruh Indonesia yang menghadiri upacara tersebut menyampaikan, Upacara HUT Otonomi Daerah XXVII tahun ini agak istimewa.

Ini momentum upacara terbesar bagi kepala daerah  dan luar biasa karena diikuti lebih dari 70 persen kepala daerah Se-Indonesia.

Tidak banyak negara di dunia yang memiliki keberagaman, ini yang kita jaga dan kita syukuri. Di Makassar inilah keberagaman Indonesia yang harus kita jaga betul persatuan dan kesatuannya’. Ungkap Mendagri.

Terkait implentasi otonomi daerah, Tito menjelaskan  bahwa dalam konteks otonomi daerah ada plus minusnya. 

Sisi lebihnya menampilkan semua orang berpeluang menjadi kepala daerah yang muncul dari proses otonomi daerah itu sendiri dan inilah implikasi spirit otonomi daerah.  

“Sementara itu,  sisi minusnya, muncul politik biaya tinggi yang perlu kita carikan solusi bersama ke depan,” imbuh mantan Kapolri ini.

Sementara itu, Bupati Bima melalui Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Bima Suryadin sesaat setelah upacara HUT OTDA mengungkapkan, penyelenggaraan upacara yang diikuti para Kepala daerah ini merupakan wahana penting untuk menguatkan semangat implementasi otonomi daerah di masing-masing daerah. (GA. 212*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *