Blog  

Mudahkan Petugas Kebersihan, DLH Kota Bima Pakai Compactor, Mini Loader dan Sweper Tangani Sampah

 

Kepala DLH Kota Bima, Syarif Rustaman, bersama Pj Walikota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, M.T, di sela sela kegiatan Clean Up Beach di Area Amahami Kota Bima.

Kota Bima, Garda Asakota.-





Dinas lingkungan hidup (DLH) Kota Bima memakai compactor, mini loader dan sweper dalam menanggani sampah. Hadirnya alat bantu itu memudahkan dan meringankan beban kerja para petugas kebersihan.


“Hadirnya tiga alat ini sangat terasa sekali manfaatnya bagi tenaga kebersihan DLH menangani sampah. Membantu petugas membersihkan sampah,” kata Kepala DLH Kota Bima, Syarif Rustaman, Selasa, (28/2/2024).


Syarif mengatakan keberadaan alat itu para petugas kebersihan tidak lagi harus mengangkat dengan tangan memungut sampah. Bahkan sampah ukuran berat seperti balok kayu pun bisa dibersihkan.


“Ada sampah yang berukuran berat yang diangkut di atas truk bisa pakai mini loader,” kata nya.


Ia mengungkapkan tiga alat itu merupakan pengadaan DLH Kota Bima tahun 2023 lalu. Selain itu, juga ada pengadaan 8 unit mobil bak terbuka jenis pick up untuk delapan Kelurahan.


“Di APBD awal 6 unit yaitu untuk enam Kelurahan di kecamatan Asakota dan 2 unit di APBD Perubahan untuk kecamatan Rasanae Barat yaitu Kelurahan Tanjung dan Dara. Semua sudah beroperasi,” ujarnya.


Syarif melanjutkan pengadaan pick up itu memang diprioritaskan oleh DLH. Tujuannya untuk mengurangi volume sampah yang cukup tinggi di tingkat Kelurahan. Serta membantu Pemerintah Kelurahan yang armada sampah sudah rusak.


“Untuk tahun ini kita dorong anggaran melalui APBD Perubahan. Rencananya ada 5 unit lagi pengadaan pick up,” pungkas Syarif. (GA. 003*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *