Blog  

Dinas Kominfotik NTB Gelar Rapat Koordinasi di Mutmainnah Home Stay Kota Bima

Spread the love

 

Peserta Rakor para Kadis Kominfotik Kota dan Kabupaten se NTB. Rakor ini diprakarsai oleh Dinaskominfotik NTB yang berlangsung di Muthmainnah Home Stay Kota Bima, Selasa (5/3/2024).


Kota Bima, Garda Asakota.-



Dinas Kominfotik NTB menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan seluruh Kepala Dinas Kominfotik se NTB di Mutmainnah Home Stay, Selasa (5/3/2024). 


Tujuan Rakor ini untuk membangun sinergitas, kolaborasi dan kerjasama yang pada akhirnya nanti, ada keselarasan program dalam mengeksekusi seluruh kegiatan Kominfo secara menyeluruh dan berkelanjutan.


“Hasil yang akan diharapkan nantinya adalah tersusunnya rekomendasi untuk menjadi pedoman jalannya program nasional,” kata Sekretaris Dinas Kominfotik NTB, Hj. Eni Suryani.


Hal senada juga disampaikan Asisten 1 Setda yang mewakili Pj Walikota Bima, Drs. H. Alwi Yasin, M.AP. Dia menyampaikan bahwa, kalau berbicara sinergitas, memang harus dioptimalkan karena itu sudah menjadi kebutuhan bersama.


Ia menilai kegiatan ini sangat strategis dalam rangka membantu menentukan arah program kedepan terutama melaksanakan program nasional yang harus dijabarkan oleh masing masing Daerah.


“Terkait Kota Bima sendiri kami masih berbenah masih butuh penanganan serius, untuk itu peran stategis Kominfotik sangatlah diharapkan khususnya berkaitan dengan peran penyampaian informasi kepada masyarakat,” ujarnya.


Sementara, Kadis Kominfotik NTB, Dr. H. Najamuddin, S.Sos, MM, mengungkapkan bahwa tahun ini Kementerian Kominfo Pusat memberikan tugas dan tanggungjawab meningkatkan indeks literasi digital dimana pada tahun 2023 lalu indeks literasi digital NTB itu berada pada poin 3,44. “NTB itu di digital epic dan digital safety kita lemah,” ujarnya.


Ada empat literasi digital yang ada yaitu digital skill, digital ethic, digital safety dan digital culture. Semua itu menjadi bagian dalam upaya mewujudkan Indonesia menjadi digital nasion. “Untuk ini harus mulai kita lakukan pembenahan,” ucapnya.


Hari ini untk mengukur tingkat indeks literasi digital NTB di Kabupaten Kota itu harus dilihat dari sisi kuantitas atau berapa banyak melakukan literasi digital.


Literasi digital itu macam macam diantaranya ada literasi keuangan digital literasi marketing digital big data digital dan sebagainya 


Sebagai contoh, pihaknya di Kominfotik NTB setiap rutin Jumat Salam melakukan literasi digital dengan perangkat desa terkait dengan investasi bodong pinjol kemudian marketing digital dengan PKK dan pelaku UMKM untuk produk produk potensi desa serta literasi digital dari sisi edukasi.


Dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan kegiatan literasi digital dengan mengundang Kominfo Kabupaten Kota untuk melakukan talk show literasi digital kolosal lintas generasi dan lintas sektor.


“Juga kita undang yang narasumbernya dari OJK BI dan Kementrian Kominfo,” katanya. (GA. 003*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *