Blog  

Pj Walikota Bima Buka Kegiatan Festival Pacuan Kuda Sambinae

PJ Walikota Bima, H Mohammad Rum. MT.


Kota Bima, Garda Asakota.-




Festival Pacuan Kuda Kota Bima secara resmi dibuka oleh Pj Walikota Bima Ir. HM. Rum, M.T, Kamis siang (16/11/2023) di arena Pacuan Kuda Sambinae Kecamatan Mpunda Kota Bima.



Tentu saja event ini disambut gembira para pecinta Kuda Pacuan, apalagi sudah mengantongi ijin resmi yang langsung dikeluarkan oleh pihak Polda NTB melalui Surat Nomor: SI/99/XI/YAN.2.1/2023/Dit Intelkam.








Ketua Pordasi Kota Bima, Sudirman DJ, SH, menyampaikan bahwa Festival Pacuan Kuda Walikota Cup Kota Bima tahun 2023 digelar dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda ke-78 dan diikuti sebanyak 718 ekor kuda.


Adapun rencana pelaksanaannya, kata dia,  dimulai dari tanggal 15 sampai dengan tanggal 26 November 2023 mendatang.


Untuk hadiah yang disiapkan, Sudirman DJ menyinggung kesiapan Pemkot Bima mensupportnya. 


“Soal hadiah mungkin bisa dibantu oleh Pemerintah Kota Bima, mungkin soal anggaran masih bisa di utak atik oleh Pak Walikota di tambah dari Panitia,” sentilnya.



Sementara itu Pj Walikota, menegaskan komitmennya untuk menjadikan Pacuan Kuda sebagai ikonnya Kota Bima bahkan bermimpi kedepan Kota Bima bisa membangun industri semacam Showroom Kuda.


“Keperluan kuda semua ada di situ jadi orang kalau ingat Kuda pasti ingat Bima. Kalau Lombok ada MotoGP-nya, Sumbawa ada MXGP, di Bima ya ada Pacuan Kudanya,” imbuhnya.


Dia menegaskan bahwa kegiatan ini tentu ada dampak positif yang dirasakan langsung masyarakat khususnya bagi para pelaku UMKM, termasuk meningkatkan pariwisata lokal, serta mempromosikan budaya dan tradisi kuda yang khas di Kota Bima.


“Even ini tentu dapat menekan laju inflasi dan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi masyarakat, khususnya bagi pelaku UMKM,” tegasnya.



Mengenai kekurangan yang ada diharapkan kedepannya terus diperbaiki dan dibenahi. “Jangan karena hal hal kecil semua jadi besar, saya juga berharap perlengkapan joki kedepannya supaya lebih baik lagi,” tuturnya.




Pantauan langsung wartawan, selain Pj Walikota Bima pembukaan Festival Pacuan Kuda itu hadir juga Irjen Pol Purn. Triyono Basuki Perwakilan dari Konsorsium Perusahaan Investasi Swasta Nasional, mantan Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan, SH, Kepala Dinas P3A, Syahruddin, SH, MM, Ketua STIE Bima yang juga pengurus Pordasi Kota Bima, Firdaus, ST, MM, MM.Inov, Camat Mpunda, Lurah Sambinae, sejumlah Pejabat lingkup Pemkot Bima, Perwakilan Dandim 1608/Bima, dan Perwakilan Kapolres Bima Kota. (GA. 212*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *