Blog  

Sejumlah Petinggi Forum PTS Bima-Dompu Konsolidasi di Puncak Jatiwangi, Begini Reaksi Ketua LLDikti Wilayah VIII

 

Suasana pertemuan sejumlah petinggi PTS se Kota Bima, Kabupaten Bima, dan Dompu di Villa STIE Bima Puncak Jatiwangi, Kamis malam (21/9/2023).

Kota Bima, Garda Asakota.-

Forum PTS Bima Dompu, Kamis malam (21/09/2023) mengadakan pertemuan di Villa STIE Bima Puncak Jatiwangi Asakota Kota Bima. Pertemuan ini dalam rangka konsolidasi PTS Bima Dompu dan Best Practice.

Peserta yang hadir dalam pertemuan penting itu diantaranya Ketua LLDikti wilayah VIII dan para petinggi 13 Perguruan Tinggi Bima-Dompu yakni STKIP Taman Siswa Bima, STIE Bima, Universitas Mbojo, Akbid Surya Mandiri, STKIP Yapis Dompu, Universitas Muhammadiyah Bima, STKIP Al-Amin Dompu, Akbid Harapan Bunda, STIKES Yahya Bima, STIPAR Soromandi Bima,  Universitas Nggusu Waru (Unswa), STKIP Harapan Bima, dan STIE Yapis Dompu. 

“Beberapa agenda yang dibahas antara lain pengaktifan Forum PTS Bima Dompu, penandatanganan MoU, dan Best Practice bersama Kepala LLDikti wilayah VIII,” ungkap Firdaus, S.T., M.M, MM. Inov, Ketua STIE Bima.

Foto bersama dengan Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi S.T,. M.T., Ketua LLDikti wilayah VIII.

Pada pertemuan tersebut, Ketua STIE Bima secara khusus berterima kasih kepada LLDikti wilayah VIII dan rekan rekan perguruan tinggi Bima Dompu yang sudah bersedia hadir di forum itu. 

Pihaknya mengaku sengaja menginisiasi pertemuan ini karena selama tiga tahun terakhir, jarang melakukan pertemuan semacam ini. 

“Apalagi saat ini di Bima-Dompu sudah ada tiga Universitas. Nah, ini juga dalam rangka konsolidasi perguruan tinggi yang ada supaya tercipta hubungan baik dan kerjasama lebih erat antar perguruan tinggi terutama dari aspek peningkatan kualitas dan silaturahim,” ucap Fedo, sapaan akrab Ketua STIE Bima ini.

Menurut Fedo, forum perguruan tinggi ini dimulai dari Bima, tahun 2006. Secara organisasi mulai aktif di tahun 2014. “Dulu belum ada ketua, baru koordinator saja. Kedepannya saya berharap struktur ini harus gemuk, ada ketua, wakil ketua satu dan seterusnya,” harapnya. 

Terang saja, pertemuan Forum Perguruan Tinggi ini disambut positif oleh Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi S.T,. M.T., Ketua LLDikti wilayah VIII.

Di hadapan peserta, ia mengaku bersyukur dengan adanya forum ini sehingga diharapkan kedepannya ada suatu kegiatan rutin.

Pihaknya berharap forum yang terbentuk sebagai wadah mempererat tali persaudaraan dan kerjasama dalam rangka bersama sama meningkatkan mutu pendidikan tinggi di wilayah Bima-Dompu, sehingga melahirkan lulusan SDM unggul.

Forum ini, kata dia, sebagai kumpulan pimpinan dan penyelenggara PTS Bima-Dompu dapat memecahkan suatu masalah tata kelola PTS secara bersama-sama dan penyamaan persepsi terhadap semua kebijakan pemerintah terkait penyelanggaraan perguruan tinggi serta dapat menguatkan koordinasi dan bersinergi dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII Bali-NTB.

“Sehingga tugas dan fungsi (TUSI) LLDIKTI Wilayah VIII dapat berjalan dan terwujud optimal di PTS Bima-Dompu,” harap Dr. I Gusti Lanang.

Sebelumnya, sejumlah pimpinan perguruan tinggi Bima-Dompu memberikan responnya. Salah satunya adalah Doktor muda, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., Ketua STKIP Taman Siswa Bima.

Pada prinsipnya ia menyambut baik pertemuan ini. Doktor Ibnu berharap, jika ingin mengaktifkan forum, maka batasannya sampai ke Dikti dan pada tiga daerah yakni Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu. 

“Kita punya kesepakatan setelah Tamsis, yaitu STIE yang akan mengisi keaktifan forum ini adalah STIE. Hari ini kita sepakati, forum ini mulai aktif bulan September 2023,” tegasnya. (GA. 212*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *