Bupati Bima Luncurkan Program Andalan Disnakertrans, ‘Si Perkasa Plus’

 

Didampingi Kadis Nakertrans dan pejabat lainnya, Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, saat meluncurkan program “Si Perkasa Plus’. 

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE (IDP) meluncurkan (launching) program “Si Perkasa Plus”, gerakan menciptakan seribu wirausaha baru Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bima tahun 2022 di Aula KLK Bima, Rabu (16/03/2022).

Peluncuran ‘Si Perkasa Plus’ ditandai dengan pemukulan gong dan pemasangan atribut secara simbolis kepada para peserta.

Kadis Nakertrans Kabupaten Bima, Fatahullah, S.Pd, menjelaskan bahwa ‘Si Perkasa Plus’ ini adalah singkatan dari Sistem Pelatihan Berbasis Kompetensi Pendampingan dan Penyediaan Sarana Usaha.

Program ini, kata dia, merupakan dukungan untuk gerakan yang telah diprogramkan oleh Bupati Bima dalam visi misi politiknya menciptkaan 1.000 wirausaha baru sekaligus merupakan salah satu jawaban dalam meningkatkan SDM yang ada.

Pada tahun ini, kata dia, ada sekitar 128 orang peserta dengan beberapa bidang pelatihan seperti menjahit, teknisi ponsel, teknisi las listrik, procecing pengolahan hasil pertanian, teknisi sepeda motor dan operator komputer.

Pelatihannya akan berlangsung selama 30 hari atau 360 jam atau 43 hari dengan penganggaran kegiatan bersumber dari APBD dan APBN. “Sedangkan untuk metode pelaksanaan pelatihan akan diterapkan pola 30 persen teori dan 70 persen pelatihan atau praktek,” sebutnya didampingi Kabid HI dan Bina Latas, Endroningsih, SE.

Dalam arahannya Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, memberikan apresiasi atas inisiasi Disnakertrans dalam menciptakan inovasi bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi pencari kerja di Kabupaten Bima. 

Dia menyampaikan bahwa program ini dilaksanakan selain mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Bima juga adalah bagaimana dapat menciptakan lapangan usaha baru di tengah masyarakat, utamanya adalah para lulusan sarjana meski mereka sedikit terhenti dari mimpi indahnya menjadi enterpreneur baru agar saatnya nanti dapat menambah income pendapatannya.

Peluncuran Si Perkasa Plus selain ditandai dengan pemukulan gong juga pemasangan atribut secara simbolis kepada para peserta.

Selain pelatihan ini, Pemerintah juga mensupport dengan dukungan peralatan sesuai dengan bidang pelatihan yang digeluti kemudian juga di awasi secara kontinyu apakah usaha mereka berkembang atau mengalami kemunduran.

Para peserta, kata Bupati harus mensyukuri atas kesempatan ini karena sudah terpilih diantara sekian banyak warga yang juga sangat mengharapkan terakomodir dalam program ini khususnya yang diprogramkan oleh Nakertrans Kabupaten Bima.

Kemudian Bappeda juga terus mencatat seberapa besar capaian yang diraih dalam merekrut wira usaha baru ini tentu dalam rangka mengetahui sudah sejauh mana visi misi Bima Ramah terealisasi.

“Saya juga berharap tumbuhnya dukungan dari dinas/instansi lain untuk melaksanakan kegiatan yang sama agar menjadi sebuah prestasi yang membanggakan bagi kita semua nantinya.

Tentunya untuk mewujudkan 1.000 wirausaha ini tidak hanya oleh Disnakertrans tetapi juga oleh beberapa OPD antara lain Dinas Perindag, Dinas Koperasi UMKM dan OPD terkait yang memang memberikan dukungan pelatihan bagi peningkatan  kemampuan dan keterampilan peserta,” harap Bupati.

Pantauan langsung Garda Asakota, selain Bupati Bima, hadir pada kegiatan tersebut Kadis Nakertrans Kabupaten Bima, Staf Ahli, Asisten Setda Kabupaten Bima, anggota DPRD, Kepala OPD Pemkab Bima serta peserta pelatihan ‘Si Perkasa Plus’. (GA. 003*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *