Blog  

Bupati Bima Sukses Raih Gelar Magister Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran Bandung

 

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, M.IP, saat mempresentasikan tesisnya di hadapan Tim Penguji, Rabu (14/6/2023).

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-


Setelah mengikuti serangkaian ujian yang berlangsung selama 1,5 jam, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE (IDP) berhasil meraih gelar Magister Ilmu Pemerintahan (M.IP) pada Program Pasca Sarjana Ilmu Pemerintahan Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung pada ujian tesis yang dipimpin oleh Ketua Tim Pembimbing/Penguji, Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, Anggota Tim yang juga Pembimbing Prof. Dr. H. Nandang A. Deliarnoor, S.AP., S.H., M.Hum, Penguji  Prof. Dr. Drs. H. Utang Suwaryo, M.A, penguji Dr. Dra. Dede Sri Kartini, M.Si dan  Penguji Dr. Novie Indrawati Sagita, S.IP., M.Si.

IDP

IDP yang juga Bupati Bima ini mengangkat judul Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Tentang Anggaran Pelayanan Dasar Kebencanaan di Kabupaten Bima tahun 2021,  berhasil menyelesaikan ujian tesis tersebut pada ujian yang berlangsung Rabu (14/6/2023) di Ruang Sidang Pasca Sarjana FISIP Unpad.

Dalam paparannya, alumni STIE Bima ini menjelaskan bahwa Kabupaten Bima merupakan daerah kategori rawan bencana di Provinsi Nusa Tenggara barat. 

Salah satu upaya Pemerintah Daerah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat adalah melalui penganggaran pelayanan dasar kebencanaan secara lebih terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh.

Penelitian ini bertujuan menganalisa bagaimana Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Bima tentang anggaran pelayanan dasar kebencanaan pada beberapa aspek. 

Teori yang digunakan adalah teori isi kebijakan (Content of policy) dari Merilee S. Grindle yang terdiri dari 6 aspek ; kepentingan-kepentingan pengambilan keputusan, pelaksana program, serta sumber-sumber dan yang digunakan. 

Sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan instrument Wawancara, Observasi, Dokumentasi serta Focus Group Discussion.

Detik detik Ketua DPRD Kabupaten Bima, Muhammad Putra Ferryandi, S.IP, menghadapi ujian tesisnya di UNPAD Bandung, Rabu siang (14/6/2023).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Garda Asakota, rupanya bukan hanya IDP yang sukses menyelesaikan pendidikan S2-nya, tapi Jena Teke Kesultanan Bima yang juga Ketua DPRD Kabupaten Bima, Muhammad Putra Ferryandi, S.IP, di hari yang sama juga sukses menyelesaikan ujian tesis S2-nya di Fisipol Unpad Bandung. 

Putra kesayangan IDP ini juga berhasil mempertahankan tesisnya yang berjudul Penerapan Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pada tahun 2018-2022. (GA. 212*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *