Blog  

Pacuan Kuda Sambinae Berlangsung Semarak, Antusiasme Warga Cukup Tinggi

Ketua Pordasi Kota Bima, Sudirman DJ.

Kota Bima, Garda Asakota.-




Festival Pacuan Kuda Kota Bima yang dihelat di Sambinae berlangsung dengan tertib, lancar, dan, semarak. Event ini pada Kamis siang kemarin (16/11/2023) secara resmi dibuka oleh Pj Walikota Bima Ir. HM. Rum, M.T. 



Pantauan langsung Garda Asakota, memasuki hari keempat, antusiasme masyarakat yang datang menyaksikan terlihat cukup tinggi, apalagi event pacuan kuda ini sudah dinantikan oleh masyarakat.



“Alhamdulillah di hari keempat ini suasananya ramai, padahal ini baru penyisihan,” kata Ketua Pordasi Kota Bima, Sudirman DJ, SH, di arena Pacuan Kuda Sambinae, Sabtu siang kemarin.



Dari sisi penonton, nampak antusiasme masyarakat dari berbagai kalangan mulai dari orang tua, anak muda hingga anak-anak datang dan menyaksikan keseruan Kuda Pacu yang turun laga di lintasannya.


Inilah budaya yang secara turun-temurun telah dilaksanakan sebagai bentuk dari pelestarian budaya Bima sekaligus olahraga berkuda.


Tradisi yang secara turun-temurun telah dilaksanakan sebagai bentuk dari pelestarian budaya sekaligus olahraga berkuda ini diikuti ratusan Kuda Pacu dari berbagai daerah di NTB bahkan dari Sumba NTT.



Ketua Pordasi Kota Bima, Sudirman DJ, SH, menyampaikan bahwa pada Festival Pacuan Kuda Walikota Cup Kota Bima tahun 2023 digelar dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda ke-78 yang diikuti sebanyak 718 ekor kuda.


“Dari Kota Bima saja ada sekitar 400 kuda, bisa dibayangkan bagaimana semaraknya event ini. 


Sisi pelestarian budaya Alhamdulillah tetap terjaga, belum kita bicara dampak positifnya bagi masyarakat kita seperti adanya perputaran ekonomi baik dari sisi UMKM, parkiran yang dikelola masyarakat hingga lahan lahan yang disewa oleh para pemilik kuda,” tutur pria yang juga anggota DPRD Kota Bima tiga periode ini. 


Dengan adanya antusiasme dan partisipasi dari masyarakat yang cukup tinggi dia berharap pelaksanaan itu dapat berlangsung dengan tertib, aman, lancar, dan semarak. 


“Mari kita sama-sama terus menjaga keamanan dan ketertiban dari kegiatan ini dengan semangat kebersamaan dan persaudaraan,” harap Sudirman DJ. (GA. 212*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *