Blog  

UKM Biru09 STIE Bima Rencanakan Pagelaran Pentas Teater dengan Lakon Kerajaan Kalepe Putri Labibano

 

IMG 20240125 WA0046(1)

Kota Bima, Garda Asakota.-



Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Biru09 STIE Bima bakal menggelar Pentas Teater dengan Lakon Kerajaan Kalepe Putri Labibano pada tanggal 27-28 Januari 2024 yang akan berlangsung di Auditorium STIE Bima.




Humas UKM Biru09, Sahrul Akbar, menjelaskan bahwa pentas teater ini merupakan bentuk pemberdayaan komunitas seni sehingga diharapkan komunitas Teater Seni memiliki manajemen pertunjukan yang semakin baik dan mampu memasarkan produk-produk seni yang dihasilkan sehingga mampu terus eksis di tengah-tengah masyarakat.



Adapun naskah yang akan ditampilkan, kata dia, sesuai hasil dari riset/penelitian UKM Biru09 STIE Bima di wilayah kecamatan Monta Kabupeten Bima tepatnya di Desa Tolotangga dan Tolouwi Selatan tanah Bima.



Riset teman-teman dari UKM Biru09 berjalan lima bulan lamanya, sampai melakukan seminar di kantor desa Tolotangga. Hasil dari riset dan seminar itu, kata dia, dari teman-teman UKM Biru09 melahirkan sebuah karya tulis ilmiah, jurnal, artikel dan sebuah naskah yang ditulis langsung oleh teman-teman pengurus UKM Biru09 periode 2023/2024.



Asi Kalepe sendiri merupakan nama sebuah kerajaan di wilayah Selatan Kecamatan Monta, atau lebih tepatnya di wilayah pantai Wane. Adanya kerajaan ini diperkuat oleh catatan dalam buku cerita asal salah satu kitab Bima/Mbojo.



Asi Kalepe dikenal dengan putri kerajaan yang sangat cantik bernama Putri Labibano. Dalam naskahnya mengisahkan sebuah hikayat cerita cinta putri Labibano dengan sesosok Pangeran dari wilayah Mbojo, akan tetapi rencana pernikahan itu di batalkan dikarenakan Labibano mengetahui rencana tidak baik dari anak berketurunan dari Jawa/pemimpin kerajaan di wilayah Mbojo, sampai pada akhirnya dua belah pihak memutuskan untuk berperang. 



“Pentas teater ini terbuka bagi masyarakat umum. Untuk itu, bagi masyarakat yang tertarik menyaksikan pertunjukan teater dapat menyaksikan langsung di kampus biru STIE Bima,” pungkas Akbar. (GA. 212*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *