Wujudkan Pemilu 2024 yang Lebih Baik, Bawaslu Kobi Gelar Rakor Persiapan Fasilitasi Pelatihan Saksi Parpol

 

Rakor Pelatihan Saksi yang digelar Bawaslu Kota Bima di Rumah Dining Jalan Gatot Subroto Kelurahan Penatoi.





Kota Bima, Garda Asakota.-




Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bima menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan fasilitasi pelatihan saksi partai politik pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum tahun 2024.



Rakor ini digelar di Rumah Dining Jln. Gatot Soebroto Kelurahan Penatoi, Sabtu, (09/12/2023).



Pantauan langsung Garda Asakota, hadir pada kegiatan tersebut perwakilan partai politik peserta pemilu, Bawaslu NTB, Panwascam Rastim dan Raba, serta Panwaslu se Kota Bima..



Ketua Bawaslu, Atina, SH, saat membuka acara menyampaikan bahwa Bawaslu tentunya memiliki kewajiban memberikan bimbingan teknis kepada saksi Parpol yang di tempatkan pada TPS nantinya.



Diharapkan, dengan menggelar kegiatan ini saksi saksi Parpol yang di tempatkan di TPS nantinya bisa memiliki bekal pengetahuan yang cukup tentang pungut hitung usai pencoblosan.



“Ini penting di lakukan untuk berbagi pengalaman terkait dengan Training Of Train (TOT) pada Pemilu sebelumnya karena ini sesungguhnya bukanlah kepentingan Bawaslu semataz tapi juga kepentingan Parpol peserta Pemilu dengan memberikan pengetahuan yang cukup kepada para saksi,” ungkapnya.



Atina menegaskan bahwa, para saksi adalah kunci bagi Parpol untuk mengawasi hasil suara pungut hitung pasca pencoblosan di TPS, tapi sayangnya TOT saksi ini pada Pemilu sebelumnya cukup minim kepesertaannya.



Itulah kenapa hari ini Bawaslu berinisiatif melaksanakan kegiatan ini tentunya berharap agar Pemilu kali ini jauh lebih baik lagi.


“Demikian juga kepada peran serta media massa untuk terus  berpartisipasi aktif dalam melakukan pengawasan tahapan pungut hitung mengingat ketersediaan Sumber Daya yang terbatas sehingga tidak sebanding dengan apa yang di awasi demi mewujudkan cita cita kita bersama untuk melahirkan pemimpin terbaik di masa depan,” pungkasnya. (GA. 003)



 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *