Blog  

Ada Apa Pelantikan Pejabat Pemkot Bima Digelar Tertutup?, Wartawan Dilarang Liput

 

Suasana Pelantikan pejabat fungsional dan struktural lingkup pemerintah Kota Bima, Senin siang (20/2/2023). Foto: Ist

Kota Bima, Garda Asakota.- 


Kegiatan pelantikan puluhan pejabat fungsional dan struktural di Aula Kantor Pemerintah Kota Bima yang sempat tertunda beberapa minggu lamanya, akhirnya digelar Senin siang, 20 Februari 2023.

Namun sayangnya, acara pelantikan yang dihadiri langsung Walikota Bima ini  berlangsung tertutup. Bahkan wartawan yang hendak melaksanakan tugas peliputan dilarang masuk. 

Acara pelantikan yang direncanakan dimulai pukul 14.00 Wita, sedikit molor dilaksanakan sampai pukul 14.30 Wita. Informasi yang dihimpun, terdapat 16 pejabat fungsional beserta 7 pejabat struktural yang dilantik. 

Tapi ketika wartawan media ini hendak masuk ruangan aula untuk meliput, dihentikan di depan pintu aula. 

“Maaf untuk sementara tidak bisa meliput,” ujar Pol PP yang menjaga pintu aula. 

Karena tidak bisa memasuki aula untuk meliput, akhirnya wartawan media ini meminta tolong pada anggota Sat Pol PP untuk mengambil dokumentasi saat acara hendak dimulai. 

Kabag Prokopim Setda Iskandar Zulkarnain yang dimintai tanggapan mengakui hal tersebut. “Arahannya hanya diminta steril terlebih dahulu,” ungkapnya. 

Iskandar mengungkapkan, mengenai nama-nama pejabat yang telah dilantik tersebut tetap akan disampaikan pada media, jadi akan ada konfirmasi lebih lanjut. 

“Meskipun tidak bisa meliput secara langsung, tapi kami siap memberikan nama-nama ASN yang dilantik tersebut untuk keperluan publikasi,” imbuhnya. 

Sementara itu, Kasat Pol PP M Nor A Madjid yang dikonfirmasi tidak mengetahui ada insiden itu dan tidak pernah menginstruksikan pelarangan meliput. 

“Besok akan saya panggil anggota untuk klarifikasi sekaligus memberikan teguran,” tegasnya singkat. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, mutasi pejabat eselon termasuk sejumlah Kepala Sekolah (Kasek) itu sedianya digelar awal Februari lalu, namun urung dilaksanakan karena ada sesuatu dan lain hal. Penundaan itu tentunya membuat sebagian besar pejabat makin gelisah. 

Padahal saat itu, seluruh pejabat yang mendapat undangan sudah hadir dengan pakaian rapi dan berjas, di aula kantor Pemkot Bima. Itu artinya, draft nama-nama pejabat yang akan dilantik sudah ada dan dikantongi Walikota Bima, HM. Lutfi. (GA. 212*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *