Blog  

Ini Daftar Proyek Prioritas Dinas PUPR, Salah Satunya Rp5 M untuk Pembangunan Tracking Mangrove di Pantai Amahami

 

 

Sekretaris Dinas PUPR Kota Bima, Junaidin.

 

Kota Bima, Garda Asakota.-



 

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pemukiman Kota Bima (PUPR) Kota Bima mengungkap daftar sejumlah proyek prioritas/strategis dalam rencana kerja pemerintah kota Bima di tahun 2024. 



Salah satunya merencanakan pembangunan tracking mangrove di pantai Amahami. Rencana pembangunan tracking mangrove di era Pj Walikota, Ir H Mohammad Rum, M.T, ini merupakan bagian dari program Amahami Jogging Track and Sea Viewing Deck.



Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Sekretaris Dinas PUPR Kota Bima, Junaidin, kepada wartawan Rabu (03/01/2024). 



“Di tahun 2024 ini Dinas PUPR mendapatkan kucuran anggaran puluhan miliar untuk proyek infrastruktur puluhan Miliar yang akan diarahkan untuk proyek proyek vital dan prioritas, salah satunya pembangunan tracking mangrove,” ungkapnya.




Menurutnya, sejumlah proyek yang dilaksanakan oleh Dinas PUPR yakni tracking mangrove dengan anggaran sebesar Rp5 miliar, kemudian miliaran dana untuk proyek air bersih. 



“Kalau di sektor air bersih, anggarannya melalui Dana Alakosi Khusus (DAK) itu sebesar Rp7,5 miliar, sementara untuk Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp5 miliar. Ini merupakan salah satu program prioriras PUPR di tahun 2024,” ujarnya 




Tak hanya itu, Junaidin juga menyampaikan beberapa proyek lain yang akan diwujudkan seperti infrastruktur Cek Dam Panggi dengan anggaran sebesar Rp1 miliar, proyek pemeliharaan jalan dengan anggaran sebesar Rp2 miliar, termasuk proyek pembangunan jembatan Nggaralo Kelurahan PenanaE sebesar Rp1,5 miliar. 



Tahun 2024 ini pula ada proyek pembangunan drainase tersebar dengan alokasi anggaran sebesar Rp 2 miliar, ada juga pengerjaan sanitasi dengan anggaran sebesar Rp6 Miliar.  “Anggaran sanitasi ini dari  dana DAK,” ujarnya.


 

Diakuinya bahwa di tahun 2024 ini, anggaran DAK tampak menurun ketimbang alokasi di tahun anggaran sebelumnya. Meski demikian, pastinya Dinas PUPR Kota Bima berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pengerjaan demi kehidupan masyarakat yang berkelanjutan. (GA. 355*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *