Blog  

RSUD Bima Launching Inovasi Pelayanan Kerohanian SAMAKAI

 

Foto bersama usai Launching Inovasi Pelayanan Kerohanian Samakai di RSUD Bima.

Kota Bima, Garda Asakota.-

 


Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima Kamis (13/7/2023), menggelar kegiatan Launching Inovasi Pelayanan Kerohanian Samakai. 

Kegiatan yang dihelat di aula utama RUSD tersebut, dr. H. Iksan,  memaparkan filosofi lahirnya ide pelayanan kerohanian ini berasal dari nilai dasar SAMAKAI yang digadang RSUD Bima. 

Nilai dasar SAMAKAI papar Iksan, merupakan singkatan dari pedoman pelayanan Empat (4S) Rumah Sakit. Yakni senyum, salam, sapa, sabar, adil, manuasiwi, adaptif, kebersamaan dan kesatuan, andal, serta ikhlas.

Kegiatan itu pula kata Iksan, dihadiri oleh Kepala Perwakilan Departemen Agama Kota dan Kabupaten Bima, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima, Camat dan Lurah, serta para Rohaniawan Katolik. 

Di acara tersebut hadir juga dari Prostestan, Hindu, dan Muslim yang telah ditunjuk sebagai Mitra dalam Pelayanan Kerohanian RSUD Bima. 

Acara itu, juga turut disaksikan oleh perwakilan masyarakat umum, serta seluruh  unsur manajemen juga praktisi atau pelaksana pelayanan di RSUD Bima.

Pelayanan kerohanian lanjutnya, merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan dalam upaya pemenuhan kebutuhan bio-psyco-socio-spiritual pasien secara komprehensif. 

Pentingnya bimbingan spiritual dalam kesehatan itu. Telah menjadi ketetapan WHO yang menyatakan aspek agama atau spiritual. Dan itu, salah satu unsur dari pengertian kesehatan seutuhnya WHO, di tahun 1984. 

Direktur RSUD Bima, drg. Ihsan, MPH menjelaskan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Bima berinisiatif bagaimana mengembangkan pelayanan kerohanian dalam bentuk kegiatan pendampingan keagamaan yang diperlukan oleh pasien atau keluarga pasien selama proses perawatan di rumah sakit. 

“Pelayanan ini bertujuan memfasilitasi pemenuhan kebutuhan spiritual pasien yang beragam dengan tetap menghormati nilai-nilai, keyakinan, serta budaya yang berlaku di sekitarnya.” Ujar Iksan 

Hal ini pula sebut Iksan, merupakan langkah konkrit RS untuk membantu pasien dalam proses penyembuhannya dengan mengedepankan kesetaraan pelayanan.

Kegiatan launching itu juga kata Iksan, sekaligus memanfaatkan untuk memaparkan profil RS. Seperti Jenis Pelayanan dan Standar Pelayanan yang ada di  Rumah Sakit Umum Daerah Bima. 

Direktur juga menyatakan, bahwa RSUD Bima selama 8 tahun kepemimpinannya, telah mengalami transformasi yang luar biasa. Baik dari sisi pembangunan fisik, peralatan, sarana dan prasarana, serta jenis pelayanan, juga Sumber Daya Manusia. 

“Yang pasti Rumah Sakit selalu senantiasa melakukan upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga pelayanan Prima dapat tercapai,” tuturnya.

Dalam acara tersebut, tambah Iksan juga didorong partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam mengevaluasi pelaksanaan pelayanan dan memberikan masukan bagi peningkatan pelayanan yang ada di Rumah Sakit. (GA. 355*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *