Blog  

Mahasiswa STIE Bima Melalui UKM Biru 09 Gelar Kegiatan Seminar Ethno-Tourism di Desa Tolotangga

 

Foto bersama Panitia Seminar Ethno-Tourism bersama aparat desa Tolotangga yang dipusatkan di Desa Tolotangga Kecamatan Monta Kabupaten Bima, Senin, (17/07/2023)

Kota Bima, Garda Asakota.-



Dalam menumbuh kembangkan nilai-nilai sosial budaya dan ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Bima, mahasiswa STIE Bima melalui UKM Biru 09 melaksanakan kegiatan seminar Ethno-Tourism yang dipusatkan di Desa Tolotangga Kecamatan Monta Kabupaten Bima, Senin, (17/07/2023).



Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bima, Dr. Rusli, Kades Tolotangga Habibi, sejumlah Narasumber terkemuka seperti, Ihsan Iskandar ketua Sinau Cagar Budaya NTB, M. Rimawan, M.Si.Ak., CA, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima (STIE Bima), Fajrin Hardinandar, SE.ME.,CSEM, serta elemen kelompok masyarakat peduli wisata dan para mahasiswa.



Ketua panitia pelaksana seminar ethno-tourism Agus Budiman, kepada wartawan menjelaskan bahwa kegiatan  tahun ini mengangkat tema “Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kecamatan Monta Melalui Pengawasan Situs Kebudayaan dan Sejarah”.



Seminar ethno -tourism, bertujuan untuk mempromosikan pemahaman saling menghormati, keberlanjutan budaya, dan pelestarian tradisi etnis, sambil memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk belajar dan terlibat dalam kehidupan masyarakat setempat.



Selain itu juga, kata dia, melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman dalam  menghargai warisan budaya, tradisi, dan kehidupan etnis tertentu bagi masyarakat yang notabennya harus melibatkan pengalaman yang mendalam dengan masyarakat setempat, baik  kehidupan sehari-hari, seni, tarian, musik, ritual, arsitektur, kuliner, dan aktivitas budaya lainnya yang merupakan bagian integral dari kelompok etnis tertentu.



Dalam mencapai keefektifan kegiatan tersebut pula pihaknya akan memanfaatkan penggunaan segala sumber informasi, baik media online, cetak, maupun media sosial, agar  mampu mendorong daya tarik pariwisata oleh masyarakat lokal maupun luar daerah.



“Dan itu semua akan menjadi terobosan terbaru untuk mempromosikan pariwisata daerah kita,” ungkapnya didampingi Sekretaris Panitia, Sahrul Akbar.



Di sisi lain dalam sambutannya Kepala Desa (Kades) Tolotangga Habibi menyampaikan ucapan terimakasih yang mendalam terhadap STIE maupun mahasiswa STIE Bima yang sudah mau melaksanakan kegiatan yang begitu sangat luar biasa manfaatnya.



“Dengan adanya kegiatan tersebut kami selaku pemerintah desa dan masyarakat desa Tolotangga mendapatkan banyak ilmu serta dukungan yang luar biasa, dalam menjaga dan munumbuh-kembangkan nilai-nilai budaya dan parawisata lokal daerah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (GA. 003*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *