Blog  

Mencuat Sejumlah Nama Balon Pj Walikota Bima, Ketua DPRD: Pansus Penjaringan Sudah Terbentuk

 

Alfian Indrawirawan, S.Adm




Kota Bima, Garda Asakota.-

DPRD Kota Bima telah membentuk panitia khusus (Pansus) penjaringan calon penjabat (Pj) Walikota Bima. Bahkan saat ini, sudah menerima berkas pendaftaran atau data diri sejumlah bakal calon Pj.

Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Bima akan berakhir Bulan September 2023. Setelah itu, orang pertama di Pemkot Bima akan diisi seorang Pj hingga terpilihnya Kepala Daerah definitif hasil Pilkada Kota Bima 2024.

Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indrawirawan S.Adm, mengatakan Pansus penjaringan calon Pj Walikota yang akan diusulkan melalui DPRD Kota Bima ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah terbentuk, yang diketuai Sudirman DJ SH, dari Fraksi Gerindra.

“Sudah dibentuk Pansus penjaringan Pj Walikota Bima. Ketuanya Sudirman DJ,” katanya, Senin (24/7/2023).

Politisi Partai Golkar ini mengaku, saat ini, baru ada tiga nama yang menyampaikan identitas diri (CV) ke Sekretariat Dewan (Sekwan) sebagai kandidat bakal calon Pj Walikota. Ketiganya, bernama Edy (pejabat Kemendagri), M. Rum (Kepala Dinas PUPR NTB) dan Nasir, (Sekda Mamuju).

“Pengajuan bakal calon Pj, bisa melalui Sekwan dan diusulkan Fraksi. Nanti akan diseleksi oleh Pansus yang sudah dibentuk sehingga menjadi tiga nama,” ujarnya.

Terpisah, Sudirman DJ, mengakui dirinya telah ditunjuk sebagai Ketua Pansus penjaringan Pj Walikota Bima. Meski telah terbentuk, namun Pansus akan baru dan mulai bekerja dalam waktu dekat ini.

“Pansus sudah terbentuk. Tapi kita mulai bekerja pada minggu-minggu ini,” katanya.

Ia mengaku mekanisme pengajuan atau usulan bakal calon Pj Walikota Bima melalui Sekwan dan Fraksi. Kata dia, setiap fraksi di DPRD Kota Bima bisa mengajukan tiga nama bakal calon Pj. Setelah itu, akan dibahas dan diseleksi oleh Pansus agar bisa ditetapkan tiga nama.

“Jika nama yang diusulkan atau yang masuk lebih dari 3 orang akan dilakukan skoring menjadi 3 nama,” ujarnya.

Ia mengaku sejauh ini sudah ada beberapa nama yang diajukan atau diusulkan. Kata dia, beberapa nama tersebut antara lain, Edy Kirmanto dari Pejabat Kemendagri, kemudian Kadis PUPR NTB, Ir. M. Rum dan Sekda Mamuju, H. M. Nasir.

“Selain itu ada juga nama Kepala Perpustakaan dan Kearsipan NTB. Namum selengkapnya tunggu saja penetapan oleh Pansus nanti,” katanya.

Sudirman menambahkan, pihaknya akan mengupayakan secepatnya merampungkan nama calon Pj Walikota Bima. Diprakirakan pertengahan Bulan Agustus 2023 sudah harus masuk ke Kemendagri.

“Paling telat bulan Agustus, tiga nama calon Pj Walikota ini sudah diajukan,” pungkasnya. (GA. 212*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *