Blog  

MTQ tingkat Kecamatan Sape Mulai Digelar, Jumlah Peserta Sebanyak 651 dari 18 Desa

 

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, M.IP, menyerahkan bantuan mushaf Al-Quran kepada Camat Sape.

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXXII tingkat Kecamatan  Sape  dibuka secara resmi oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, M.IP,  Kamis malam (13/7/2023) di aula Kantor Camat Sape. Kegiatan ini  diikuti sebanyak 651 peserta dari 18 Desa.

Event Akbar tersebut diawali penampilan Grup Kasidah,  Marawis, dan tarian serta Pawai Ta’ruf para kafilah yang berasal dari 18 desa, organisasi sosial  dan sekolah se-kecamatan Sape. 

Pelantikan Dewan Hakam oleh Camat Sape.

Bupati dalam sambutannya mengatakan,  Kecamatan Sape  merupakan pintu gerbang Provinsi Nusa Tenggara Barat dari sebelah timur yang memiliki tantangan tersendiri dalam membina generasi muda. 

Oleh karena itu terang Bupati, aspek yang paling penting bukan hanya menggalakkan baca tulis Al-Quran, tetapi  banyak membekali para remaja dan generasi muda agar memahami isi kandungan ayat suci dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kepada para orang tua Bupati kembali mengimbau agar terus menanamkan pentingnya pendidikan agama yang baik,  berbarengan dengan pendidikan formal dan memastikan para guru mengaji  di seluruh TPA dan TPQ yang ada benar-benar mendapatkan perhatian orang tua, pemerintah desa dan kecamatan sehingga terus mencetak generasi Qurani.

Terkait penyelenggaraan MTQ ke-32 Kecamatan Sape, di hadapan Camat Sape Muhammad Akbar  SP, M.Si, unsur Muspika, para alim ulama dan kepala desa tersebut, Bupati mengharapkan agar momen MTQ dapat dijadikan wahana untuk meningkatkan prestasi di bidang keagamaan.

“Khusus Kecamatan Sape, agar tidak puas dengan prestasi yang telah diraih tetapi harus terus mencetak generasi-generasi Qurani sehingga Qori dari Sape bisa dipastikan mutu dan kemampuannya,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Ustadz Subhan S.Pdi dalam laporannya menjelaskan bahwa pelaksanaan MTQ berlangsung selama 8 hari pada 4 Arena yaitu arena utama Aula Kantor Camat Sape, Masjid Besar Al Munawarah, SMP 3 Sape dan SMA 1 Sape.

Bupati Bima yang hadir bersama Anggota DPRD Dapil Sape – Lambu, Sekda Drs. H.M. Taufik HAK, M.Si,  Asisten II Setda Ir. Syaifudin,  Kadis PUPR Suwandi ST, MT,  Kadis Kominfostik Kamaluddin, S.Sos, Kadis Lingkungan Hidup Ir. Jaidun, Kalak BPBD Drs. Isyrah, para Kepala Bagian Lingkup Setda dan Kementerian Agama Kabupaten Bima. 

Setelah menyampaikan sambutan,  Bupati selanjutnya menyerahkan bantuan pribadi sebesar Rp 5 juta dan Ketua DPRD Kabupaten Bima juga memberikan Rp 5 juta untuk penyelenggaraan MTQ. Bantuan lainnya diserahkan yaitu uang senilai Rp40 juta untuk pembangunan salah satu masjid di Kecamatan Sape dan peralatan marawis. (GA. 212*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *