Blog  

Safari Dakwah SMAN 1 Sape, Merekatkan Hubungan Silaturrahmi dan Komunikasi dengan Masyarakat

 

IMG 20230217 WA0072
Beginilah rangkuman suasana kegiatan Safari Dakwah SMAN 1 Sape dalam gambar. Foto: Ist


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Keluarga besar SMAN 1 Sape Bima provinsi NTB, Jumat (17/02/2023) melakukan Safari Dakwah dan Sosialisasi Tata Tertib Sekolah serta Bobot Pelanggaran di  sejumlah desa kecamatan Sape yang menjadi desa zonanya diantaranya desa Naru, Naru Barat, Sangia, Oi Maci, Bugis dan Rasabou. 

Kegiatan ini digelar selama 1 kali seminggu. Pekan pertama dilaksanakan di desa Bugis. Rombongan safari dakwah di desa ini terdiri dari 4 team yang dibagi kepada 4 dusun yang ada di desa tersebut. 

Team 1 dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Sape Irham, S. Pd. Kn., M. Pd, bertempat di Masjid An-Nur dusun Gusung dengan penceramah Nukman Maqran siswa SMAN 1 Sape kelas XI IPA 3. 

Dalam pengantarnya Kepala Sekolah yang murah senyum dan humanis itu menyampaikan bahwa secara umum perubahan aspek perilaku sosial yang terjadi dewasa ini tidak hanya bersifat positif, akan tetapi juga negatif. 

Menurutnya banyak bermunculan perilaku yang tidak terpuji yang terjadi seperti perkelahian,.miras, dan tindak criminal lainnya dan minuman keras sehingga bermunculan sifat-sifat jelek seperti, tidak jujur kepada orang tua dan malas sekolah.

“Hal ini tentunya memicu kemerosotan budi pekerti siswa sehingga mereka bersikap tidak jujur, individual, dan melanggar amanah,” ungkapnya.

Pihaknya sangat berharap kepada warga masyarakat terlebih kepada orang tua/wali siswa untuk bersinergi membangun kerja sama demi terciptanya akhlaq dan pengetahuan siswa yang lebih maju kedepannya.

Safari Dakwah juga dilakukan oleh Team 2 yang dilaksanakan di masjid Babur Rahman dusun Bajo Sarae. Team ini dipimpin oleh Drs. Muhtar selaku Wakasek Kesiswaan, sedangkan penceramah Muhammad Kadafi siswa kelas XI IPA 6.

Kemudian Team 3 di Masjid Babul Hasanah dusun Kampung Baru dipimpin oleh Muhdin, SE (Wakasek Kurikulum), penceramah Sahrul Mubaroq Kelas XI IPS 2. 

Sedangkan team 4 di masjid Bahrul Khairat dusun Gudang dinakhodai langsung oleh bapak Jauhar H. A. Rasyid, S. Ag, selaku Wakasek Humas, sementara penceramah Dwi Rahmat Ramadhan (Ketua Osis SMAN 1 Sape periode 2022-2023) kelas XI IPA 1. Selanjutnya disusul desa Naru, Naru Barat, Oi Maci, Rasabou dan Sangia. 

Menurut Jauhar, S. Ag, yang juga sebagai Ketua Umum lembaga Dakwah Nurul Siraj kecamatan Sape ini, kegiatan Safari Dakwah yang dilakukan pihaknya merupakan refleksi kepedulian semua unsur yang ada di sekolah SMAN 1 Sape terhadap siswa-siswi didikannya.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan selama safari dakwah dimulai dengan sholat  maghrib berjama’ah, pengantar Kepala Sekolah dan atau Ketua Team, Ceramah Agama, pembacaan Tata Tertib Siswa dan Bobot Pelanggarannya, Do’a dan Penutup, dilanjutkan dengan sholat isya’ berjamaah. 

Ustadz Jauhar menegaskan bahwa, Safari Dakwah merupakan wadah untuk mempererat tali silaturahmi dan komunikasi baik antara dan pihak-pihak lain. 

Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga sebagai sarana untuk mendorong semangat orang tua/wali siswa agar bangkit membentuk karakter anak-anak mereka ke arah yang diimpi-impikan. 

“Selanjutnya Safari Dakwah ini juga sebagai salah satu sarana untuk mendapatkan nikmat dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT agar mencapai keberkahan di sis-iNya,” ucap Alumni Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab IAIN Alauddin Makassar ini. 

Dia menambahkan, Safari Dakwah ini merupakan salah satu satu program unggulan dan baru dari SMAN 1 Sape, untuk tahun-tahun sebelumnya belum pernah diadakan dan belum ada sekolah SMA lain baik negeri maupun swasta yang mengadakan kegiatan semacam ini. 

Respond dan antusias masyarakat sangat luar biasa. Mereka mengharapkan agar kegiatan Safari Dakwah semacam ini lebih ditingkatkan lagi. 

Beberapa orang warga yang tidak mau disebutkan namanya mengaku sangat meresponnya. Mereka berharap kegiatan tersebut tidak saja dilaksanakan pada saat ini akan tetapi berlanjut pada hari-hari berikutnya lebih-lebih pada saat bulan Ramadhan nanti. (GA. 212*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *