Blog  

Dinas Peternakan Uji Coba Kandang Portable, Hibah Australia dan Indonesia Melalui Unram di Kecamatan Palibelo

 

Tim dari Dinas Peternakan Kabupaten Bima bersama Tim dari Unram usai menyaksikan uji coba ketiga kalinya atas pakaian kandang portable di Desa Belo Kecamatan Palibelo, Sabtu (2/9/2023). 


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Dinas Peternakan Kabupaten Bima melakukan Uji Coba untuk ketiga kalinya atas pakaian Kandang Portable atau Portable Cattle Yard (PCY) dibarengi pelayanan kesehatan ternak masyarakat, khususnya ternak Sapi di Desa Belo Kecamatan Palibelo pada hari ini Sabtu (2/9/2023). 

Kandang Portabel ini merupakan hibah dari kerjasama Pemerintah Australia dan Indonesia melalui Universitas Mataram (Unram) dalam upaya peningkatan payanan kesehatan dan produksi serta pengembangan ternak Sapi di Kabupaten Bima.

Bantuan PCY atau kandang portabel ini dirasakan sangat bermanfaat, praktis dan hemat waktu, karena hanya beberapa jam dapat melayani ratusan ekor sapi, yang biasanya membutuhkan waktu 2 hari.

Mengingat bantuan kandang PCY baru 1 unit, maka Pemakaian kandang akan digilirkan kepada para peternakan di desa dan kecamatan lain yg membutuhkan. 

Kondisi kandang portable.

Hadir pada kesempatan itu antara lain, Prof Danlan Dosen Unram, Prof M. Ali Dekan Unram, Mardiansyah M.Si, Kabid Budi Daya Dinas peternakan Kabupaten Bima, Zainal Arifin, ST, MT,  Kepala Desa Belo, Ka UPPPKH Kecamatan, staf dinas peternakan, Babinsa Belo, Kadus Belo, Babinsa Desa Belo, dan Petani peternak Belo. 

Pemakaian PCY atau Kandang Poratebel  kali ini dilaksanakan dalam rangka pelayanan kesehatan ternak masyarakat secara gratis oleh petugas Dinas Peternakan kab Bima, yaitu pemberian Vitamin pada ratusan ekor  Sapi masyarakat Desa Belo, yang dipusatkan di Areal Pertanian So La Peto Desa Belo. 

Kabid Budi Daya Dinas peternakan Kabupaten Bima, Zainal Arifin, ST, MT (tengah) bersaman tim.


Dalam kegiatan ini masyarakat juga menyampaikan harapan untuk adanya tambahan bantuan kandang portabel serta banatuan kolam air minum permanen utk melayani ratusan ekor ternak Sapi masyarakat, terutama karena kesulitan air minum saat musim kemarau seperti ini. (GA. 212*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *